Search This Blog

26 July, 2011

Ngabuburit enaknya ngapain ya ??

Ngabuburait, enaknya ngapain ya ??? tu salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan. ada juga yang malu dan tidak bertanya. akhirnya, gak jelas apa yang mo dilakuin dan blangsak dah tuh. nongkrong dipinggir jalan, tiduran, males-malesan, etc lah yang notabenya gak ada gunanya. ada pepatahnya tu. "malu bertanya, sesat di jalan" banyak bertanya, malu-maluin. ha...ha.... becanda brow.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan selama ngabuburit/ menanti saat berbuka puasa, yah daripada bengong gak jelas. lumayan dikit-dikit.

1. Menyibukan diri dalam tholabul ilmi, tilawah al Qur’an dan dzikir

intinya menyibukkan diri aja dah. Denngan kegiatan yang positif Kalau kita duduk termenung menanti buka puasa dan menghitung waktu detik demi detik, kita cuma denger tek…tek..tek…tek… bukan bunyi hujan, tapi bunyi jarum jam. Ah lama. Semakin ditunggu semakin lama deh rasanya. Bikin kesibukan aja.

Diataranya adalah dengan bertholabul ‘ilmu/ nenuntut ilmu. Bukan menunut uang saku doank. Jadi puasa bukan alasan orang bermalas-malasan, sebaliknya kita harus lebih pro-aktif mencari kesibukan agar tidak merasa lapar. Syukur-syukur kalau lupa dan makan tanpa disengaja (lupa kalau berpuasa) ha…ha…

Selain itu, membaca Qur’an juga harus lebih dioptimalkan. Karena Rasul sendiri juga lebih giat belajar dan mengkaji Qur’an ketika Ramadhan sebagaimana dinyatakan dalam sebuah hadits : “Malaikat Jibril menjumpai baginda Nabi saw pada setiap malam di bulan Ramadan, dan mengajarkannya al Qur’an.” (HR Bukhari-Muslim). Tu kan, jibril datang tiap malam. bulan-bulan selain ramadhan kan gak segitunya kale.. Jibrilnya apa gak capek ya ? he..he…

Intinya, optimalkan semua amalan-amalan kita selama bulan Ramadhan ini. Karena bila kita menyibukkan diri dengan berbagai aktifitas, maka tak terasa waktu buka tiba. Dan ucapkan “Alhmdulillah. Buka puasa yuuuk…”

2. Bantu-bantu nyokap masak.

Ni salah satu alternative yang asyik. Terutama bagi cewek (baca:akhwat) untuk bantu-bantu nyokap masak buat buka. Yah anggap aja belajar masak atau agar lebih mahir masak. Malu kan akhwat gak bisa masak. Ha…ha… Sapa tahu bisa jadi chef handal. Selain itu, ada lagi lho keuntungan lain kalau bantu nyokap masak buat buka. Apa itu ? sesuai dengan sabda Rasulullah dalam haditsnya : “Barangsiapa yang memberikan ifthor kepada orang yang berpuasa maka pahalanya seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang tersebut.(HR. Tirmidzi) nah lho, asyik kan ? dapat dobel deh tu pahalanya.

3. Gencarkan berdakwah.

Dakwah ? wah, tinggi banget tuh. Belum mampu pak. Ya udah, bukan dakwah deh. Ya anggap aja hiburan dengan kumpul-kumpul. Kan banyak tu masjid-masjid/ mushalla-mushalla yang bikin acara waktu ramadhan. Kajian lah, buka bersama lah, nah, bisa tu diikuti. Tapi jangan ikut bukanya doank. Ikut ngajinya juga donk. Kan enak tuh. Selain dapat buka gratis, dapat ilmu juga. Ilmu juga mahal lho. Ha…ha…. (Gratisan mulu dari tadi).

Bisa juga tuh buat kamu-kamu yang dah bisa baca Qur’an. Ajarin aja anak-anak dideket tempat kamu untuk baca Qur’an. Dapat deh tuh amalan yang luar biasa. Jadi orang terbaik oey. Tu dari sabda Rasul lho. “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Alquran dan mengajarkannya kepada orang lain”.(HR. Bukhari). Nah lho. Mau gak jadi orang terbaik ?

Kalau belum bisa baca Qur’an gimana donk ? ha...ha... pertanyaan klasik. gampang. Ikut belajar aja. Baca pelan-pelan juga gak pa pa kok. Kan dapat keutamaan juga. Sesuai sabda manusia termulia “Orang yang membaca Al-Qur’an sedangkan dia mahir melakukannya, kelak mendapat tempat di dalam Syurga bersama-sama dengan rasul-rasul yang mulia lagi baik. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an, tetapi dia tidak mahir, membacanya tertegun-tegun dan nampak agak berat lidahnya (belum lancar), dia akan mendapat dua pahala.” (HR Bukhari-Muslim)

nah lho, mo alasan apa lagi ???

4. Tambah penghasilan yuk…

Nah, ni inisitif teman-teman kita boleh juga tuh ditiru. Intinya jangan malu aja. Ya itu, jual es campur/ kolak buat buka di jalan. Pasti ada donk orang yang waktu dah adzan maghrib masih dijalan ? Tu kan kesempatan kita buat nambah penghasilan daripada bengong. Hasilnya lumayan lho. Bisa buat tambah-tambah lebaran. Bisa juga buat pulang mudik. Dan kita juga berpahala lah karena bantuin orang untuk menyegerakan berbuka. Tinggal gimana niat kita. Kalau niat kita cuma money-money and money, ya yang kita dapatkan cuma money aja. Tapi kalau niat kita bantuin orang untuk menyegerakan berbuka, dapat juga kan pahala amr ma’ruf ? kan innama ‘amalu binniah. He….he….

Itu dulu aja deh beberapa alternatif kegitan sambil nunggu buka. Sebenarnya masih banyak kok. Tenang aja. Intinya, lebih memperbanyak amalan lah selama Ramadhan ini. Daripada nongkrong gak jelas. Ujung-ujungnya ghibah. Hilang deh pahala puasa. Sayang kan ? udah lapar-lapar seharian, pahala hilang gara-gara ghibah saat ngabuburit. Na’udzubillah.

No comments: