Search This Blog

18 July, 2011

Ramadhan oh... Ramadhan

Layaknya sang kekasih yang selalu diharap-harap kehadirannya, dirindukkan dan ketika telah hadir, tak ingin rasanya berpisah walau hanya sebentar. Begitulah Ramadhan bagi orang yang beriman dan mengetahui. Sebagaimana digambarkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah “Andaikan tiap hamba mengetahui apa yang ada dalam Ramadhan, maka ia bakal berharap satu tahun itu puasa terus.”

Sebenarnya, apa yang ada dalam bulan Ramadhan, hingga digambarkan demikian ? Berikut ulasan sebagian keutamaan bulan Ramadhan.

1. Bulan Pengampunan

Tidak ada manusia yang bersih tanpa dosa. Karena tidak ada manusia yang bersih dan tak pernah berbuat salah. Manusia adalah tempatnya salah dan dosa. Begitulah manusia. Tapi, sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang mau bertaubat dengan taubatan nashuha. taubat yang sebenar-benarnya taubat.

Sungguh besar kecintaan Allah kepada hamba-Nya. Sebesar apapun dosa seorang hamba, Allah senantiasa mengampuninya dan menghapus dosa-dosanya. dan Allah memberikan banyak sekali kesempatan untuk menghapus dosa-dosa tersebut selama ruh belum dicabut dari jasadnya. Diantara salah satu penghapus dosa tersebut adalah datangnya bulan Ramadhan yang diwajibkan berpuasa di dalamnya. Sebagaimana dinyatakan dalam sebuah hadits “barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan karena imannya dan karena mengharap ridha Allah, maka dosa-dosa sebelumnya diampuni.”(HR Bukhari-Muslim dan Abu Dawud)

Oleh karena itu, marilah kita optimalkan Ramadhan ini dengan kesungguhan niat. karena pengampunan tersebut diberikan dengan syarat dilakukan karena iman dan bertujuan untuk mengharap ridho Allah. bukan yang lain.

2. Promo Surga, Obral Pahala

Begitulah slogan yang seringkali saya lihat menjelang dan selama bulan Ramadhan. Pahala dan surga diobral. Mau ? Mau ? Mau ? Pasti semua mau. Yang tidak mau, sepertinya perlu diantar ke psikiater deh. he..he… piss…

Tidak salah juga bila slogan tersebut ditampilkan untuk memudahkan orang-orang mencerna dan tertarik untuk ber-fastbikhul khoirot terutama selama bulan Ramadhan. Sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah dalam sebuah hadits : “setiap amal anak keturunan Adam dilipat-gandakan. Setiap satu kebaikan sepuluh lipat gandanya hingga tujuh ratus lipat gandanya.” (HR Bukhari-Muslim). Bahkan amalan-amalan sunah yang dikerjakan pada bulan Ramadhan pahalanya dianggap sama dengan mengerjakan amalan wajib. (HR Baihaqi dan Ibnu Khuzaimah).

Begitulah kemurahan Allah sebagai bukti kecintaan Allah kepada hamba-hamba-Nya. Alangkah meruginya kita, bila tidak dapat mengoptimalkan kesempatan yang demikian besarnya. Sebagaimana kita begitu senang dan tertarik melihat tulisan “SALE”, “DISKON”, “CUCI GUDANG” maupun “OBRAL” di Swalayan maupun Mall yang membuat kita begitu ingin membelinya. Seringkali merasa menyesal kalau tidak membelinya walaupun barang tersebut tidak begitu kita butuhkan bahkan kadang kocek-pun pas-pasan.

Nah, ini ada “obral pahala” dan “promo surga” kok kita tidak tertarik, maka patut dipertanyakan kesehatan jiwa dan hati kita.

3. Pintu Surga Dibuka dan Pintu Neraka Ditutup

Kalau datang bulan Ramadhan, terbuka pintu surga, tertutup pintu neraka, dan setan-setan terbelenggu.(HR. Muslim)

Begitulah yang sabda manusia termulia, Rasulullah saw. Kenapa bisa demikian ? karena dengan amalan yang sedikit saja dapat menghantarkan kita pada pahala yang berlipat ganda demikian banyaknya. Namun, tiap dosa yang dilakukan, dibalas sesuai dengan yang kita lakukan saja. Dengan demikian, tentu saja jika kita berusaha melakukan kebaikan, maka makin berlipat-lipat pahala yang didapatkan dan dosapun hanya sedikit. Namun, mana yang kita pilih dari keduanya ? hanya diri kita yang dapat menjawab semuanya.

Demikianlah sebagian keutamaan bulan Ramadhan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga dapat barmanfaat dan memacu kita untuk ber-fastabikhul khoirot untuk meraih ridho-Nya dan melihat wajah-Nya di yaumul akhir kelak. Aamiiin…

Wallahu’alam.

No comments: